Breaking News
Home / Program Hamil / Makanan untuk Kesuburan Pria dan Wanita

Makanan untuk Kesuburan Pria dan Wanita

Pernah mendengar istilah tauge biasa dikenal dengan sebutan kecambah? Tauge, merupakan salah satu tumbuhan yang dipercaya dari ratusan tahun silam mengandung zat yang berkhasiat menyuburkan pria, tidak hanya untuk pria, tauge juga sangat baik untuk dikonsumsi wanita. Tauge kaya akan gizi seperti adanya vitamin A, B kompleks, C, E, mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, kalium, serat, folat, asam amino & protein. Inilah yang menjadikan tauge sangat pas untuk dikonsumsi oleh pasangan yang sedang melakukan program kehamilan.

Sebagai tambahan, selain dengan memperbanyak mengkonsumsi tauge, ada baiknya untuk menghindari makanan berlemak karena akan sangat memperngaruhi hormon dan dapat meningkatkan berat badan sehingga hal ini yang kemudian menganggu kesuburan wanita ataupun tingkat kesuburan dan kualitas sperma pria.

Untuk anda yang saat ini sangat mendambabakan buah hati, Konsumsi banyak sayur dan buah-buahan terutama yang buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin C, E dan B kompleks, asupan semacam ini sangat dibutuhkan untuk mengatur dan mengontrol hormon kesuburan yang ada di dalam tubuh, tidak hanya istri, karena seorang pria juga diharuskan untuk memperbaiki kualitas sperma. Beberapa mineral yang penting seperti zat seng (zinc), tembaga & selenuim.

Dan dibawah ini adalah beberapa makanan dan minuman yang sudah dikategorikan dalam beberapa bagian agar lebih mudah:

  • Vitamin B6 untuk Kesuburan

Perlu untuk anda ketahui bahwa Vitamin B6 akan berguna untuk mendukung dan mengatur hormon reproduksi anda. Vitamin B6 sendiri akan banyak anda temukan pada beberapa bahan makanan berikut: Sayuran hijau, kacang-kacangan, kecambah (tauge), sereal, beras, gandum. Konsumsilah bahan makanan tersebut dan pilih yang masih segar, hindari juga penggunaan bahan pengawet atau jenis makanan tadi yang sudah dikemas dalam kaleng.

Makanan untuk Kesuburan Pria dan Wanita

Makanan dan Minuman untuk Meningkatkan Kesuburan

  • Asam Folat untuk Kesuburan

Nutrisi jenis ini juga diperlukan untuk mencegah kelainan dan perkembangan tabung otak janin, Asam folat sendiri akan bisa ditemukan pada beberapa bahan makanan berikut: Sayuran (berdaun hijau), brokoli, asparagus, kacang polong, kacang kapri & jus jeruk. Untuk Asam folat saat ini telah tersedia dalam bentuk tablet yang bisa anda peroleh di apotek. Mengkonsumsi Asam folat begitu dianjurkan dikonsumsi setiap hari saat mempersiapkan kehamilan hingga beberapa bulan pertama kehamilan. Mengkonsumsi asam folat juga dianjutkan untuk dikonsumsi suami dengan dosis harian.

Baca Juga: 10 Makanan dan Minuman yang Menghambat Kehamilan

  • Vitamin C untuk Kesuburan

Masuk dalam salah satu unsur penting guna meningkatkan kesuburan, terkhusus pada pria (suami). Vitamin C juga berperan aktif dalam peningkatan kekebalan tubuh, dan ini menjadi salah satu faktor pendukung yang sangat dibutuhkan saat kehamilan. Vitamin C sendiri bisa anda dapatkan pada buah-buahan, seperti jeruk & mangga.

  • Zat Besi untuk Kesuburan

Adanya gejala anemia pada wanita,bisa menjadi penghambat kehamilan. Disinilah kandungan zat besi yang akan meningkatkan jumlah sel darah merah termasuk unsur penting dan akan begitu dibutuhkan. Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi bahan makanan berikut untuk memperoleh asupan Zat Besi: Hati, Daging sapi, Daging kambing, Daging ayam, Kacang-kacangan, Serta sayuran hijau (utamanya sayuran bayam).

  • Zat Seng/Zinc untuk Kesuburan

Untuk dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma seng atau zinc akan sangat dibutuhkan. Pada beberapa jenis makanan berikut, zinc atau seng bisa anda peroleh dengan mengkonsumsinya: Kerang, Kuning telur, Daging merah, Biji-bijian (sereal atau gandum) & kacang-kacangan.

  • Mineral untuk Kesuburan

Untuk mineral akan banyak sekali anda temukan dalam Air yang juga merupakan unsur yang begitu penting dalam tubuh, terapi air termasuk menjadi salah satu yang sedang digalakkan untuk meningkatkan kesuburan, dapat meningkatkan potensi peningkatan produksi hormon kesuburan, yaitu testosterone dan estrogen.

Perlu untuk diperhatikan dalam mengatur pola makan sesuai dengan kebutuhan tubuh, hal ini bertujuan untuk dapat meningkatkan kesuburan anda. Dan juga tak lupa untuk senantiasa menerapkan pola hidup sehat agar metabolisme dalam tubuh bisa bekerja dengan baik. Karena ketika tubuh semakin sehat, maka akan semakin besar peluang lebih cepat hamil, sedangkan untuk seorang pria efeknya adalah semakin membaiknya kualitas sperma dalam tubuhnya.